AWS Calculator

AWS Application Server

Item Description
App Server 1 EC2 t2.small : 1 Core, 2 GB RAM
App EB 1 EBS General Purpose (SSD) : 8 GB
App-Data EBS 1 EBS General Purpose (SSD) : 30 GB
Elastic IP 1 Elastic IP Address

App Server

Memang 1 Core untuk prosesor paling rendah. Tetapi kita membutuhkan RAM paling rendah 2 GB jika akan memasang web server Nginx / Apache dan PHP. Yang paling boros adalah PHP tergantung bagaimana aplikasi / web PHP dibuat dan berjalan.

App EBS

8 GB storage ini hanya akan digunakan oleh sistem operasi dan service – service beserta kebutuhan pendukung aplikasi seperti web server.

App-Data EBS

30 GB storage ini hanya akan digunakan untuk menyimpan aplikasi data atau source code web. Sehingga jika sistem operasi mengalami masalah atau EC2 harus di upgrade ke kapasitas prosesor & ram yang lebih besar, maka EBS volume ini tinggal di attach + konfigurasi dalam hitungan beberapa menit, tetapi tidak usah di partisi ulang.

Elastic IP

Elastic IP adalah seperti public IP, dimana dapat digunakan sebagai acuan target domain. Kelebihannya adalah jika harus upgrade EC2 maka Elastic IP tinggal di attach ulang, sehingga tidak perlu mengganti konfigurasi domain.

AWS Database Server

Item Description
DB Server 1 EC2 t2.micro : 1 Core, 1 GB RAM
DB EB 1 EBS General Purpose (SSD) : 8 GB
DB-Data EBS 1 EBS General Purpose (SSD) : 30 GB
Elastic IP TIDAK PERLU

DB Server

Mengapa App & DB di pisah server? Bayangkan saja hal paling buruk yang bisa terjadi dan seberapa mudah Anda mengelola semua database yang dimiliki.

RAM paling rendah 1 GB cukup untuk MySQL / MariaDB, tinggal di konfigurasi database tersebut supaya tidak menggunakan memory terlalu besar, terutama jumlah request dan cache.

DB EBS

8 GB storage ini hanya akan digunakan oleh sistem operasi dan service – service beserta kebutuhan pendukung aplikasi seperti DB server.

DB-Data EBS

30 GB storage ini hanya akan digunakan untuk menyimpan data dari database. Sehingga jika sistem operasi mengalami masalah atau EC2 harus di upgrade ke kapasitas prosesor & ram yang lebih besar, maka EBS volume ini tinggal di attach + konfigurasi dalam hitungan beberapa menit, tetapi tidak usah di partisi ulang.

Elastic IP

Elastic IP disini tidak dibutuhkan, karena tiap EC2 instance mempunyai Private & Public IP. Disarankan hanya buka 1 port untuk kebutuhan db server saja, dan di atur port tersebut hanya boleh di akses oleh Private IP App Server.

AWS Cost

Menurut saya, di bilang murah memang tidak, di bilang mahal juga sebenarnya tidak, kalau dibandingkan dengan support dan fitur yang dapat kita gunakan di AWS ini, sehingga aplikasi dan data kita tetap dapat di akses dengan mudah dan di scale dengan mudah.

[*] Silahkan klik, untuk melihat detil estimasi dari tiap screenshot diatas.