cek mutasi bank small

Sebelum mulai, saya ingatkan! di artikel ini tidak akan memberikan atau menampilkan script / coding untuk melakukan pengecekan mutasi BCA / Mandiri / BNI.

Hidup ini perlu perjuangan juragan. Kebetulan sedang menjalankan usaha sampingan jualan online. Karena lelah harus coding itu – itu terus, itu sebab nya saya dulu belajar coding, gak mau hidup monoton! Jadi mudah-mudahan usaha berjualan ini menjadi sumber biaya hidup utama kedepannya.

Ketika memulai usaha jualan online ini, pasti pesanan baru dikit banget, bisa dihitung oleh sebelah tangan selama beberapa bulan. Rekening bank untuk menerima pembayaran pun baru satu, yaitu pake BNI saja. Dengan kesabaran dan fokus, mulai terlihat meningkatnya penjualan.

Permintaan ketersediaan rekening bank untuk menerima pembayaran pun meningkat. Akhirnya menambahkan rekening BCA, kemudian Mandiri. Sebenarnya sampai saat ini sudah menyiapkan juga CIMB Niaga dan Muamalat.

Selain pasti mulai agak kewalahan memproses pesanan, yang paling awal adalah repot memeriksa pembayaran, yaitu melakukan pengecekan mutasi bank secara online (e-banking), bayangkan harus melakukan pengecekan mutasi dari 5 bank berkali-kali tiap hari. Repot nya adalah :

  1. Menanyakan pembeli transfer ke bank apa.
  2. Buka alamat e-banking yang dituju.
  3. Login ke e-banking. Ini yang paling menyebalkan, karena punya rekening di 5 bank, maka username dan PIN / password harus di ingat. Kalau kejadian lupa!
  4. Klik menu sana sini.

Untuk melakukan pengecekan mutasi sekali saja bisa habis waktu 5 – 10 menit! Memang bisa dibilang, ah sebentar itu mah. Tapi lelah di otak juga!

Kemudian, baru teringat pernah membuat script PHP untuk melakukan pengecekan mutasi bank BCA / Mandiri / BNI sekitar 5 tahun yang lalu. Setelah dicari dan diperiksa, ternyata script acak-acakan dan obsolete. Akhirnya daripada begitu-begitu terus, terpaksa meluangkan waktu untuk membuat ulang dengan trik yang hampir sama.

Setelah berkutat setiap waktu luang untuk membuat aplikasi sederhana yang akan melakukan pengecekan mutasi bank BCA / Mandiri / BNI, akhirnya selesai. Dengan tampilan seperti dibawah.

cek mutasi bank

Lumayan mempermudah kegiatan pengecekan pembayaran dari para pembeli. Dengan cara meng-trigger tombol, tidak menggunakan scheduler (karena gak perlu), semua riwayat mutasi bank dapat terlihat. Yang pasti data nya disimpan ke database, sehingga tidak perlu trigger tombol ulang lagi kalau pernah terlihat.

Untuk cek mutasi Muamalat belum dibuat, karena jarang sekali pembeli yang transfer kesana. Dan untuk CIMB Niaga karena jarang dipakai, juga captcha nya belum berhasil dipecahkan, baru dicoba 1 kali, belum ada waktu untuk melanjutkan.

Kebetulan saya sudah membuat ini sebagai library untuk Laravel, silahkan lihat disini.