Mengganti baterai PSP yang sudah rusak

Kebetulan adik ipar punya PSP 3006 (slim), tetapi jika di charge lampu indikator power tidak menyala. Terkadang bisa menyala, tetapi sering nya tidak menyala. Setelah coba di charge beberapa lama, PSP tidak menyala. Bahkan sambil di charge pun tidak menyala. Hanya dapat menyala jika baterai nya dicabut sambil di charge.

Kemungkinan nya adalah baterai sudah rusak. Kemudian coba mencari di toko online tipe baterai PSP-110 3.6 v 1200 mah. Ternyata banyak dan murah. Tetapi ternyata hampir semua barang KW, yaitu bukan original. Karena menurut informasi yang didapat di internet, SONY sudah tidak memproduksi aksesoris PSP sudah sangat lamaaaaaaaaaaaaaa.

Barang KW alias bukan original, kualitas nya ada yang buruk dan bagus. Beberapa orang ada yang mengeluh 1 minggu sudah nge-drop, ini untung-untungan. Harga berkisar dari Rp. 50.000,- sampai Rp. 175.000,-

Ada beberapa yang original, tetapi barang bekas, alias copotan dari PSP yang sudah rusak, tetapi kembali tidak menjamin akan berfungsi dengan normal seperti barang baru, bisa saja nge-drop dalam waktu beberapa bulan atau minggu. Ini sama juga untung-untungan. Harga bisa sampai Rp. 250.000,-

Bingung harga gak jelas dan kualitas gak jelas juga.

PERINGATAN, penulis atau website ini tidak bertanggung jawab terhadap segala bentuk kerugian yang diakibatkan karena pembaca mencoba dan atau mengikuti semua informasi yang dijelaskan dibawah. Penulis membuat informasi ini karena memang terbukti berhasil oleh penulis sendiri.

Akhirnya kepikiran untuk dibongkar ini baterai.

foto by Cristi Caciuloiu

Hati – hati ketika membongkar baterai ini, karena casing nya sangat tipis dan gampang patah (teralami hehehe). Jadi tekan saja pinggir – pinggir nya pake kuku jempol pelan – pelan sampai sedikit – sedikit membuka. Patah sedikit gak apa – apa lah ya asal bisa di lem lagi atau pake selotip nanti.

Kemudian angkat pelan PCB nya (hati – hati), dan buka penutup hitam dibawah PCB.

foto by Cristi Caciuloiu

Kemudian kepikiran, bagaimana kalau coba diganti saja lithium cell nya (yang kotak silver itu) memakai baterai lithium lain yang tidak terpakai. Kemudian teringat punya MP4 player yang sudah tidak pernah dipakai dan baterai nya masih berfungsi, yaitu tipe BL-4C 3.7 v.

ini ada yang 800 sampai 1000 mah, maklum di bungkus baterai nya gak tertera, tetapi di toko online kira – kira seperti itu. Harga nya juga gila murah banget, ada yang jual dengan harga Rp. 6.500,- WOW!

Nah karena punya yang bekas, dari pada beli, mending coba deh bongkar dan jadikan pengganti PSP lithium cell.

Udah deh bongkar dulu ini baterai, untuk melihat dalam nya. Pertama buka dulu pembungkus kertasnya, pake tangan saja.

Kabel plus dan minus akan ada dipinggir (lihat tanda panah merah digambar atas). Kemudian terdapat PCB kecil.

Nah perhatikan dulu dan tandai mana minus dan plus nya. Untuk mengetahui mana kabel minus dan plus. Tulis aja pada lithium cell nya pake spidol biar gak lupa. Kemudian solder timah yang menempel ke PCB di kabel, karena PCB nya tidak akan dipakai (buang).

Kemudian test dulu lithium cell BL-4C ini ke casing PSP-110. Kalau terlalu tinggi, buang sedikit busa hitam nya pakai gunting, sampai agak longgar di casing.

Kemudian kembali ke lithium cell PSP.

Nah ini ingat – ingat posisinya, jangan nanti salah pasang.

Kemudian potong lempengan silver pada tanda panah digambar atas. Kemudian solder kabel lithium cell BL-4C tadi diatas lempengan plat yang menyambung ke PCB PSP-110. Solder dekat dengan tadi memotong. Jangan lupa harus sesuai dengan patokan plus dan minus tadi dan posisi ketika akan dipasang di casing harus cocok. Jika kabel lithium cell BL-4C nya kurang panjang, maka sambung saja dengan kabel yang sama persis kecil memakai solder + timah. Memang ketika di solder susah untuk menempel, sabar aja dan hati-hati.

Setelah selesai di solder. Pasang deh ke casing sesuai dengan posisi awal ketika dibongkar. Tidak usah di lem, pake selotip aja dulu biar bisa di cek ulang.

Kemudian pasang di PSP nya, dan charge bebarapa lama. Lihat apakah lampu indikator power menyala ? jika menyala maka kemungkinan besar akan berfungsi *AYE!


Kalau saya sih SUKSES gan!

Kalau agan juga sukses, silahkan nanti coba cari baterai yang kapasitasnya lebih besar dan ukurannya cocok, kemudian ganti lagi.

Selamat mencoba dan semoga sukses.